29 Juni, 2009

MODEL PEMBELAJARAN

CONTOH MODEL PEMBELAJARAN

1. NUMBERED HEAD TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)
Langkah-langkah:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja mereka.
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6. Kesimpulan
7. Refleksi
8. Penutup


2. PROBLEM BASED INTRODUCTIONS
PBI memusatkan pada masalah kehidupan yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan menfasilitasi penyelidikan dan dialog
Langkah-langkah:
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Menjelaskan logistic (alat dan bahan) yang dibutuhkan.
3. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
4. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
Misal:
Ø Menetapkan topik,
Ø Memberikan sejumlah tugas,
Ø Menyusun jadwal penyelesaian tugas
5. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai , melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, mengumpulkan data, hipotesis, pemecahan masalah.
6. Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
7. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.


3. THINK PAIR AND SHARE (BERPIKIR – BERPASANGAN – SHARING)
Langkah-langkah Pembel:
1, Guru menyampaikan pokok materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta membentuk kelompok kecil
3. Siswa diminta memecahkan masalah terkait dengan pokok materi
4. Siswa diminta untuk berpasangan dan saling bertukar pendapat thdp masalah yang dihadapinya
5. Siswa kembali ke kelompok semula dan tiap anggota kelompok diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya (pasangan) dan siswa lain boleh menanggapi.
6. Guru memimpin sidang pleno dan tiap kelompok diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil diskusinya dan kelompok lain boleh menanggapinya
7. Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan hasil belajar,


4. STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll.
2. Guru menyajikan pelajaran.
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
5. Memberi evaluasi
6. Refleksi
7. Penutup

5. PENGAJARAN LANGSUNG (PEMODELAN)
Langkah yang dilakukan guru
1. menyampaikan tujuan pembelajaran dan membentuk kelompok siswa beranggotakan 4 orang setiap kelompoknya.
2. mendemontrasikan/ mempraktikkan cara melakukan suatu keterampilan
3. memberikan kesempatan pada tiap kelompok untuk melakukan latihan awal dengan benar setahap demi tahap
4. memberikan bimbingan terhadap kelompok yang mengalami hambatan atau masalah.
5. menugasi siswa secara individu untuk mempraktikan sesuatu yang telah dipelajari.
6. memberikan penguatan-penguatan berkaitan dengan kegiatan mempraktikkan sesuatu.
7. mencatat kejadian khusus, baik yang mencerminkan keberhasilan maupun kelemahan dalam pembelajaran.

6. JIGSAW
Langkah-langkah:
1. Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tiap tim.
2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda.
3. Tiap orang dalam tim membaca bagian materi yang ditugaskan.
4. Anggota tim keluar dari kelompok dan bergabug dengan anggota kelompok lain yang mempunyai bagian materi yang sama (kelompok ahli)
5. Kelompok ahli mendiskusaikan materi yang menjadi tanggung jawabnya, sampai mendapatkan kesepakatan jawaban.
6. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, setiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang materi yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
7. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
8. Guru memberi evaluasi
9. Refleksi
10. Penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar!