26 Juni, 2009

PENGALAMAN SELAMA MENGIKUTI PELATIHAN INTERNET DI MADCOMS MADIUN

Satu bulan sebelum mengikuti pelatihan internet di MADCOMS Madiun saya dengar kabar dari teman satu sekolah. Tepatnya SMPN 2 Jetis Ponorogo, bahwa MADCOMS Madiun membuka peluang bagi para guru yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Facebook dan Blog.

Saya tertarik pada pelatihan ini karena menurutku cukup bermanfaat bagi para guru, diamana guru dituntut untuk selalu mengembangkan kemampuan profesionalnya termasuk di dalamnya terus belajar dan mengembangkan kemampuan akademik dan profesional.

Nampaknya MADCOMS Madiun sangat tanggap terhadap kebutuhan dunia pendidikan. Terbukti bahwa pelatihan ini diselenggarakan dalam 34 angkatan.
Saya mengikuti pelatihan ini pada angkatan 33 dengan alasan menunggu hari libur. Hari-hariku dipenuhi dengan banyak aktifitas.

Pada hari pertama pelatihan, kami diberi penjelasan panjang lebar tentang Internet, termasuk di dalamnya sejarah internet, perkembangan internet, manfaat internet, dan cara memanfaatkan internet sebagai media belajar dan pembelajaran.

jujur saja saya termasuk guru yang "GAPTEK". Maklumlah karena sekolahku sekalipun sudah ada internet tapi terhitung dah terlambat. Justru karena sekolahku dah mempunyai internet, maka saya termotivasi untuk belajar lebih banyak tentang internet. Hal ini bukan tanpa alasan karena saya bertujuan supaya saya bisa secara maksimal memanfaatkan internet sebagai media belajar dan media pembelajaran saya di sekolah. Saya sadar bahwa sekalipun disebut "guru" bukan berarti kita tidak pernah/jarang belajar. Karena guru yang tidak pernah/jarang belajar sudah pasti akan terkena "seleksi alam". Guru seperti itu akan ditinggalkan oleh peserta didik bahkan masyarakat. "Jangan pernah berhenti belajar" adalah slogan sekaligus falsafah hidup yang wajib dijunjung tinggi oleh guru.

Kita ingat dengan salah satu hadits rasulullah yang menyatakan bahwa salah satu pilar tegaknya suatu bangsa adalah guru. bahasa haditsnya adalah "ilmu al-'ulama"

bukankah demikian?
We must become a star.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar!